Dosen

Profil Suparni

Nama : Suparni, S.Pd., M.Pd
Program Studi : Pendidikan Matematika
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Lektor | III/D
Email :
Pendidikan Terakhir : S2

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Suparni, S.Pd., M.Pd Di Semester Genap TA 2021/2022
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Perencanaan Pembelajaran Matematika 2 WAJIB A RAB 10:30-12:10 R: MP-104
2. Praktek Pembelajaran Mikro 2 WAJIB A KAM 07:00-08:40 R: TBY-402
3. Telaah Materi Matematika SLTA 4 WAJIB A RAB 07:00-08:40 R: MP-104#JUM 07:00-08:40 R: L-401
4. Telaah Materi Matematika Sekolah 4 WAJIB A SEN 10:30-12:00 R: TBY-201#KAM 10:30-12:50 R: TBY-102
5. Telaah Materi Matematika Sekolah 4 WAJIB B SEN 07:00-08:40 R: TBY-104#SEL 08:45-10:25 R: TBY-103
6. Telaah Materi Matematika Sekolah 4 WAJIB C SEL 10:30-12:10 R: MP-104#RAB 08:45-10:25 R: L-401

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S2 Universitas Negeri Surabaya - M.Pd. 2001
2. S1 Universitas Sebelas Maret Pendidikan Matematika S. Pd. 1995

# TAHUN KARYA
Jurnal Ilmiah
1 2022 Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Bagi Guru Madrasah Tsanawiyah di Wilayah DIY Melalui Penelitian Tindakan Kelas dalam -. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banarmasin.
http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ptkpend/article/v...
2 2022 LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MEMAHAMI KONSEP PADA MATERI PECAHAN dalam LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MEMAHAMI KONSEP PADA MATERI PECAHAN. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto. .
http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/13...
3 2022 The Use of Miniature Joglo Houses in Learning to Understand Plane and Solid Figure dalam -. Tingkat Nasional Terakreditasi. Pada -. Diselenggarakan oleh -. Diterbitkan oleh IAIN Palopo .
https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/art...
4 2022 PENGAPLIKASIAN BATIK SIDOLUHUR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS SOAL OPEN-ENDED UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA dalam -. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Universitas Timor.
http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/1247
5 2021 Etnomatematika : Visualisasi Bangun Datar dan Bangun Ruang dengan Alat Peraga Kesenian Daerah Gejog Lesung dalam -. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/Polynom/article/view...
6 2021 Eksplorasi Bakpia Pathuk Jogja Untuk Pembelajaran Matematika . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/Polynom/article/view...
7 2021 Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Bangun Datar Melalui Kebudayaan Kampung Kuta dalam Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Bangun Datar Melalui Kebudayaan Kampung Kuta. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Maritim Raja Ali Haji Senggarang.
https://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/article/view/3503/...
8 2021 Penggunaan alat peraga ABD Ajaib dalam pembelajaran matematika realistik berbasis budaya dalam Penggunaan alat peraga ABD Ajaib dalam pembelajaran matematika realistik berbasis budaya. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Aksioma: Jurnal matematika dan pendidikan Matematika UPGRIS Semarang.
http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/8...
9 2021 Etnomatematika : Pengenalan Bangun Geometri dengan Menggunakan Kreasi Janur dalam Etnomatematika : Pengenalan Bangun Geometri dengan Menggunakan Kreasi Janur . Tingkat Nasional. Pada -. Diselenggarakan oleh -. Diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah .
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/Polynom/article/view...
10 2021 Permainan Dakon Sebagai Media Pembelajaran Baris dan Deret (DAKON BARET) dalam Permainan Dakon Sebagai Media Pembelajaran Baris dan Deret (DAKON BARET) . Tingkat Nasional. Pada -. Diselenggarakan oleh -. Diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/Polynom/article/view...
11 2021 Profil Kesiapan Guru Matematika Madrasah Tsanawiyah dalam Melaksanakan PTK dalam Profil Kesiapan Guru Matematika Madrasah Tsanawiyah dalam Melaksanakan PTK. Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://fourier.or.id/index.php/FOURIER/article/view/144/105
12 2020 Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-efficacy Siswa SMP/MTs dalam Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-efficacy Siswa SMP/MTs. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh IKIP Siliwangi.
https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/v...
13 2018 Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Tingkat Nasional Terakreditasi. Pada -. Diselenggarakan oleh -. Diterbitkan oleh -.
http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/
14 2015 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi Untuk Memfasilitasi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Derivat. Tingkat Nasional.
http://upy.ac.id/ojs/index.php/mtk
15 2015 Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi dalam Derivat. Tingkat Nasional.
http://upy.ac.id/ojs/index.php/mtk

# TAHUN KARYA
Melakukan penelitian
1 2017 Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa..
2 2017 Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa..
3 2016 Efektivitas Pendidikan Moral Matematika Terhadap Hasil Belajar dan Karakter Siswa.
4 2016 Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi.
5 2016 Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi.
6 2016 Efektivitas Pendidikan Moral Matematika Terhadap Hasil Belajar dan Karakter Siswa.
7 2015 Efektivitas Model Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP.
8 2015 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi Untuk Memfasilitasi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.
9 2015 Efektivitas Model Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP.
10 2015 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi Untuk Memfasilitasi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.

# TAHUN KARYA
Hak Cipta
1 2021 Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Pada Materi Bilangan Pecahan Kelas VII SMP/MTs. Diterbitkan oleh KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA.
https://e-hakcipta.dgip.go.id/index.php/list
2 2021 MEJA BILBUL. Diterbitkan oleh KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA.
https://e-hakcipta.dgip.go.id/index.php/list
3 2021 Deck Card. Diterbitkan oleh KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA.
https://e-hakcipta.dgip.go.id/index.php/list
4 2021 LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI BILANGAN BULAT BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP. Diterbitkan oleh KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA.
https://e-hakcipta.dgip.go.id/index.php/list
5 2021 LKPD Dengan Model Pembelajaran REACT. Diterbitkan oleh KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA.
https://e-hakcipta.dgip.go.id/index.php/list
6 2020 Subject Specific Pedagogy (SSP) Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Kontekstual. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Halk Asasi Manusia.
https://e-hakcipta.dgip.go.id
7 2020 Komik Matematika “Gegoro” Untuk Materi PLSV Dan PtLSV. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Halk Asasi Manusia.
https://e-hakcipta.dgip.go.id
8 2020 MATCHING TRIGONO. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Halk Asasi Manusia.
https://e-hakcipta.dgip.go.id
9 2020 SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATERI KUBUS DAN BALOK BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Halk Asasi Manusia.
http://e-hakcipta.dgip.go.id
10 2020 SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATERI KUBUS DAN BALOK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MIND MAP UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Halk Asasi Manusia.
https://e-hakcipta.dgip.go.id
11 2020 PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL TREFFINGER DENGAN METODE TALKING STICK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Halk Asasi Manusia.
https://e-hakcipta.dgip.go.id

# TAHUN KARYA
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah
1 2021 Menjadi Mitra Bestari Jurnal Kaunia .
2 2020 Menjadi reviewer Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika .
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
3 2021 Narasumber Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Matematika Madrasah Tsanawiyah di DI Yogyakarta (Terjadwal < 1 semester).
4 2021 Menjadi Narasumber Webinar Nasional MGMP Matematika MTs se DI Yogyakarta (Insidental).
5 2021 Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembelajaran Matematika Berbasis Literasi dan Numerasi yang diselenggarakan atas Kerjasamanya MGMP Matematika MA Kab. Lumajang, MGMP Matematika MA Kab. Lamongan dan FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada Tanggal, 13-15 Juli 2021 (Terjadwal < 1 semester).
6 2021 Pelatihan pembuatan Jurnal ilmiah bagi guru di MAN 2 Bantul (Insidental).
7 2020 Workshop Learning Management System dan Perencanaan Penilaian Pembelajaran Online di SMP Muhammadiyah 1 Sleman (Insidental).
8 2020 Menjadi narasumber pada Webinar Pendidikan Matematika (Insidental).
Memberi pelayanan kepada masyarakat
9 2022 Bimbingan Belajar Matematika bagi siswa SMP (Kegiatan yang setara dengan 50 jam kerja per semester).
10 2018 Try Out UN MTs Mata Pelajaran Matematika di MTs Negeri 7 Bantul .
11 2018 Juri Lomba Alat Peraga SD/MI dan SMP/MTs pada Olimpiade Matematika Sunan Kalijaga 2018 se DIY dan Jawa Tengah (OMSUKA 2018) .
12 2018 Juri Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) KIST#3 2018 .
13 2018 Reviewer Soal Olimpiade SD/MI pada Olimpiade Matematika Sunan Kalijaga 2018 se DIY dan Jawa Tengah (OMSUKA 2018) .
14 2017 Tim Pembuat Soal , Juri, dan Pembahas Matematika MTs pada KSM (Kompetisi Sains Madrasah) Tahun 2017 tingkat Propinsi dan Nasional. .
15 2016 Bimbingan Persiapan Menghadapi Olimpiade Matematika (OSN dan KSM) di MTs Negeri Yogyakarta 1 .
16 2016 Tryout Ujian Nasional SMK Mata Pelajaran Matematika di SMK Muhammadiyah Wonosari. .

# TAHUN KARYA
Menjadi anggota dalam suatu Panitia / Badan pada perguruan tinggi
1 2020 Ketua ujian Komprehensif . Pada pertemuan Ujian Komprehensif bagi Mahasiswa. Berlokasi di UIN SUnan Kalijaga .
Menjadi anggota organisasi profesi
2 2022 Anggota Assosiasi The Indonesian Mathematics Society (IndoMS) .
3 2020 Anggota Asosiasi Dosen Jurusan/Prodi Matematika dan Pendidikan Matematika/Tadris Matematika . Pada pertemuan ADMAPETA.
4 2020 Anggota Indonesia Mathematics Society . Pada pertemuan IndoMS.
Menjadi anggota tim penilaian jabatan Akademik Dosen
5 2020 Tim Penilai karya Ilmiah . Pada pertemuan TPKI.
Menjadi mitra bestari
6 2021 menjadi reviewer artikel jurnal . Pada pertemuan Reviewer artilkel jurnal ilmiah terakreditasi.
Narasumber
7 2020 Narasumber pada kegiatan webinar . Pada pertemuan Webinar Pendidikan Matematika. Berlokasi di Rumah masing-masing (zoom meeting).