Jumat, 14 Juni 2013 19:37:32 WIB Dilihat : 1260 kali

Pengembangan Pembelajaran Dengan Instrumen Penelitian

Untuk melatih dan menambah wawasan mahasiswa tentang Pengembangan Instrumen Penelitian Prodi Pendidikan Matematika mangadakan Kuliah umum pada Rabu (12/6) di teatrikal saintek, yang mengambil tema “ Pengembangan Instrument penelitian dan hasil belajar matematika dalam peningkatan kualitas pembelajaran”.

Kegiatan diikuti oleh mahasiswa dari semester bawah sampai semester akhir. Mereka sangat antusias mendengarkan pemateri Ali Ridho, M.Si yang termasuk alumni dari prodi Pendidikan Matematika saat masih IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. " Materi ini penting untuk modal penelitian dan sebgai bekal bagi calon guru sehingga ada tindak lanjut untuk mengevaluasi pengembangan pembelajaran pada siswa" kata Ibrahim Kaprodi Pendidikan Matematika.

Dalam pengembangan alat ukur matematika setidaknya ada komponen seperti psikologi pendidikan, ada unsur statistika dan pengolahan data serta mengikuti metode psikometri. Masing-masing komponen mempunyai peran sendiri dalam menilai suatu pembelajaran dalam pendidikan. Komponen tersebut berpengaruh pada sikap, minat, konsep diri, dan nilai dalam pembelajaran.

Menurut Ridho, sebelum membahas secara lebih mendalam mengenai teknis pengembangan instrumen, terlebih dahulu perlu ditegaskan konsep yang akan memberikan gambaran bagaimana karakteristik instrumen. Prasyarat agar data penelitian yang diperoleh berdasarkan instrumen dapat dipertanggungjawabkan. "Ada tiga karakteristik minimal yang dimiliki, yaitu valid,reliabel dan efisien'' tambah Ridho Dosen UIN Malang.

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom