Dosen

Profil Ibrahim

Nama : Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd.
Program Studi : Pendidikan Matematika
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Lektor Kepala | IV/A
Email :
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd. Di Semester Genap TA 2021/2022
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Algoritma Dasar Pemrograman 2 WAJIB A SEL 07:00-08:40 R: TBY-401
2. Algoritma Dasar Pemrograman 2 WAJIB B RAB 08:45-10:25 R: TBY-412
3. Aljabar Vektor Matriks 2 WAJIB B SEN 16:00-17:40 R: TBY-211A
4. Matematika Diskrit 3 WAJIB A KAM 10:30-13:00 R: TBY-201
5. Matematika Diskrit 3 WAJIB C KAM 16:05-18:35 R: TBY-301
6. Metodologi Penelitian 2 WAJIB B KAM 08:45-10:25 R: MP-104
7. Pembelajaran Matematika Inklusif 2 WAJIB A RAB 10:30-12:10 R: TBY-301
8. Pembelajaran Matematika Inklusif 2 WAJIB C RAB 12:30-14:10 R: TBY-301
9. Praktek Pembelajaran Mikro 2 WAJIB D MIN 08:45-10:25 R: TBY-101
10. Psikologi Belajar Matematika 2 WAJIB A RAB 14:30-16:10 R: MP-104
11. Psikologi Belajar Matematika 2 WAJIB B RAB 16:15-17:55 R: MP-104

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Universitas Pendidikan Indonesia Pendidikan Matematika Dr. 2011
2. S2 Universitas Pendidikan Indonesia - M.Pd. 2007
3. S1 Universitas Islam Nusantara Pendidikan Matematika S. Pd. 2003

# TAHUN KARYA
Jurnal Ilmiah
1 2022 Self Efficacy Siswa SMA Sederajat terhadap Pemahaman Konsep SPLDV Selama Pembelajaran Daring . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh STKIP Muhammadiyah Kuningan.
http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/149...
2 2022 Pengaruh Media Flash Card terhadap Kemampuan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article...
3 2022 Motor Ability Survey in TK With Calligraphy Method . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Indonesia University of Education Cibiru Campus, Early Childhood Education Teacher Education Study Program.
https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/vie...
4 2022 The Influence of Learning Mathematics in Online Learning on The Results of Mid-Semester Assessment . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Department Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
http://www.jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/arti...
5 2022 Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Uviversitas Riau Kepulauan Batam.
https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras...
6 2022 Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6Tahun di RA Azzahra Lampung Timur . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Department of Early Childhood Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/46415
7 2022 Analisis Sikap, Kecemasan dan Hasil Belajar Siswa . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Asahan.
http://jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/2106/1945
8 2022 Perbandingan Cara Belajar Siswa dari Sekolah Pondok dan Sekolah Negeri terhadap Hasil Belajar . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/423/339
9 2022 Keterampilan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Madrasah Aliyah Ditinjau dari Gender dan Status Sekolah . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Metro.
https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/...
10 2021 Kontribusi Penggunaan E-Learning dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/Polynom/article/view...
11 2021 Analisis Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga pada Penggunaan Media E-Learning Daring . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/Polynom/article/view...
12 2021 Emotional Intelligence and Self Efficacy as A Contributor of Student Mathematics Learning Outcomes . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Negeri Padang, Indonesia.
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1...
13 2021 Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs pada Materi Lingkaran . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Mathematics Education Study Program STKIP Andi Matappa Pangkep.
https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/histogram...
14 2021 Students' Mathematical Problem Solving Ability in Terms of Gender Differences . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training, and education Universitas Halu Oleo .
http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/issue/view/1820
15 2021 Pengaruh Kecemasan Matematika dan Self-Concept Saat Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Departemen Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan bekerjasama dengan Matematika Nusantara.
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/125...
16 2021 PEMBELAJARAN ADVOKASI: Solusi Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Abad 21 . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Publisher Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Program Pascasarjana IAI Sunan Giri Ponorogo.
https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/art...
17 2021 Tinjauan Resiliensi Belajar Matematika dan Disposisi Matematis pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/Polynom/article/view...
18 2021 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berbasis Pendekatan Saintifik . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.
https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/...
19 2021 Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kecemasan Matematika dan Fasilitas Belajar di Rumah . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE) .
https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JUDIKA/index
20 2021 Kecerdasan Logis Matematis dan Linguistik sebagai Prediktor Hasil Belajar Matematika . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Institut Pendidikan Indonesia.
https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa...
21 2021 Student Mathematics Learning Outcomes Judging from Metacognition Ability and Academic Procrastination . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Serang Raya University.
https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/article/view...
22 2021 Kecerdasan Logis Matematis dan Visual Spasial sebagai Prediktor Hasil Belajar Matematika . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh STKIP PGRI Banjarmasin.
https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/11...
23 2021 Increasing Mathematical Critical Thinking Skills Using Advocacy Learning with Mathematical Problem Solving . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Syiah Kuala.
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/19200
24 2021 Students’ Metacognitive Process in Mathematical Problem Solving Based on Cognitive Style . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/quadratic/article/vi...
25 2021 Kemandirian Belajar Secara Daring Sebagai Prediktor Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/457/30...
26 2021 Hubungan Disposisi Matematis dan Self-Efficacy Mahasiswa . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Mathematics Education University of Muhammadiyah Metro.
https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/...
27 2021 Hubungan Antara Disposisi Matematis dengan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh IAIN Bengkulu.
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/equation/artic...
28 2021 Development of Mathematical Problem Solving Tests on Geometry for Junior High School Students . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi.
http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel
29 2021 The Application of Item Response Theory in Analysis of Characteristics of Mathematical Literacy Test Items . Tingkat Internasional Bereputasi.
http://ilkogretim-online.org//?mno=47318
30 2020 Efektivitas Ensiklopedia IPA Terintegrasi Alquran untuk Siswa Tunanetra . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/21...
31 2020 Desain Penyajian Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh IKIP Mataram.
https://jurnal.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm/article/view...
32 2020 ANALISIS HASIL BELAJAR DAN MASA STUDI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma/article/view...
33 2020 Problematika Siswa Difabel Rungu dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Inklusi . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh UIN Antasari Banjarmasin.
http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jpm/article/view/...
34 2020 DEVELOPMENT OF A GUIDE TO PREPARATION OF MATHEMATICS QUESTIONS BASED ON HIGHER ORDER THINKING SKILLS AND STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION FOR MIDDLE SCHOOL TEACHERS . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
http://fourier.or.id/index.php/FOURIER/article/view/101
35 2020 ADVOCACY APPROACH WITH OPEN-ENDED PROBLEMS TO MATHEMATICAL CREATIVE THINKING ABILITY . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh IKIP Siliwangi.
http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/art...
36 2019 PENDEKATAN RAMAH, TERBUKA DAN KOMUNIKATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/...
37 2019 Potensi Artikel untuk Dimuat di Jurnal Nasional dan Internasional Studi Kasus di Fakultas Sains dan Teknologi (Dalam Rangka Pengembangan Manajemen Jurnal Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga/JPMSUKA) dalam Potensi Artikel untuk Dimuat di Jurnal Nasional dan Internasional Studi Kasus di Fakultas Sains dan Teknologi (Dalam Rangka Pengembangan Manajemen Jurnal Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga/JPMSUKA). Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh UIN Alauddin Makasar.
http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/...

# TAHUN KARYA
Melakukan penelitian
1 2017 Korelasi antara Capaian Hasil Belajar di Tahun Pertama, Masa Studi, dan Hasil Akhir Studi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika.
2 2017 Korelasi antara Capaian Hasil Belajar di Tahun Pertama, Masa Studi, dan Hasil Akhir Studi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika.
3 2016 Kontribusi Penguasaan Materi Kapita Selekta Matematika SLTP Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Ujian Nasional Tingkat SLTP (Penelitian Evaluasi pada Mahasiswa yang Mengikuti Perkuliahan Kapita Selekta Matematika SLTP Tahun Akademik 2015/2016).
4 2016 Kontribusi Penguasaan Materi Kapita Selekta Matematika SLTP Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Ujian Nasional Tingkat SLTP (Penelitian Evaluasi pada Mahasiswa yang Mengikuti Perkuliahan Kapita Selekta Matematika SLTP Tahun Akademik 2015/2016).
5 2016 Peningkatan Kemampuan Literasi dan Disposisi Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Inovatif.
6 2016 Peningkatan Kemampuan Literasi dan Disposisi Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Inovatif.
7 2015 Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional.
8 2015 Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional.

# TAHUN KARYA
Hak Cipta
1 2021 Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep pada Materi Bilangan Pecahan Kelas VII SMP/MTs. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
https://drive.google.com/drive/u/1/folders/1GO6Q1M-yBH-O2xpW...
2 2021 Signmath Matriks. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
https://drive.google.com/drive/u/1/folders/1GO6Q1M-yBH-O2xpW...
3 2021 RAHMATIC. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
https://drive.google.com/drive/u/1/folders/1GO6Q1M-yBH-O2xpW...
4 2020 Subject Specific Pedagogy (SSP) Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Kontekstual. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
https://drive.google.com/drive/folders/1GO6Q1M-yBH-O2xpWt3R-...
5 2020 SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATERI KUBUS DAN BALOKBERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN METODE THINKING ALOUDPAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) UNTUK MEMFASILITASIKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
https://drive.google.com/drive/folders/1GO6Q1M-yBH-O2xpWt3R-...
6 2020 OSIRA "Ayo Sinau Lingkaran". Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
https://drive.google.com/drive/folders/1GO6Q1M-yBH-O2xpWt3R-...

# TAHUN KARYA
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah
1 2021 Reviewer Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education .
2 2021 Reviewer Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE) .
3 2021 Mitra Bestari Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education (IDEAL MATHEDU) .
4 2021 Editor Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika .
5 2021 Editor Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Uleo .
6 2020 Editor Jurnal JPPM .
Melaksanakan Pengembangan hasil Pendidikan dan Penelitian
7 2020 Penulisan Soal Tes Kompetensi Guru .
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
8 2022 Workshop Integrasi Penelitian dan Pengabdian pada Mata Kuliah Keprodian (Insidental).
9 2021 Narasumber Workshop Penilaian Produk Inovasi pada Kegiatan Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika 2021 (Insidental).
10 2021 Narasumber Kegiatan Asatidz’s Fun Camp: Persiapan Menghadapi Era Digitalisasi di sekolah Boarding School (Insidental).
11 2020 Menjadi Fasilitator Kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa Workshop Laerning Management System dan Perencanaan Penilaian Pembelajaran Online di SMP Muhammadiyah 1 Sleman (Insidental).
Menulis Karya Pengabdian
12 2021 Faktor-faktor Psikologis dalam Belajar Matematika dan Hasil Belajar Matematika .

# TAHUN KARYA
Mendapat Tanda Jasa dan Penghargaan
1 2018 Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya (Satya Lancana Karya Satya 10 (sepuluh) tahun).
Narasumber
2 2021 Workshop Penilaian Produk Inovasi yang Merupakan Rangkaian dari Kegiatan Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika 2021 .
3 2021 Internasional Conferece Of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education . Berlokasi di Online.
4 2021 Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PKM) . Pada pertemuan Webinar Nasional Penulisan Artikel Ilmiah. Berlokasi di Kalimatan Barat.
5 2021 Mengenal Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif . Pada pertemuan Webinar Nasional Peningkatan Kualitas Karya Tulis Ilmiah. Berlokasi di Aceh.
6 2021 Menumbuhkan Kreativitas Pendidik di Era New Normal dalam Strategi Pembelajaran untuk Mengatasi Minimnya Minat Belajar Peserta Didik . Pada pertemuan Seminar Nasional Nusantara Mathematics Competition IX (NMC IX) . Berlokasi di Bandung.
7 2020 Sosialisasi Online PMB 2020 untuk Program Studi Pemdidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga . Pada pertemuan Sosialisasi Online PMB 2020 . Berlokasi di Online.
8 2020 Konsistensi Pembelajaran Matematika dalam Menjalankan Program Merdeka Belajar di Era New Normal . Pada pertemuan Webinar Nasional Pendidikan Matematika. Berlokasi di Sukabumi.
9 2020 Pembelajaran Berbasis Penelitian: Suatu Alternatif Solusi Perkuliahan Mahasiswa Calon Guru Matematika di Masa Pamdemi dan Normal Baru . Pada pertemuan Webinar Pendidikan Matematika. Berlokasi di Online.