Dosen

Profil Aninditya Sri Nugraheni

Nama : Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd., M.Pd
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Lektor Kepala | IV/A
Email :
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd., M.Pd Di Semester Genap TA 2021/2022
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Metodologi Penelitian Pendidikan Dasar 2 WAJIB 2C SEL 09:20-11:00 R: PPG-402
2. Riset dan Study lapangan 2 WAJIB 3B KAM 12:30-14:10 R: PPG-408
3. Seminar Proposal 2 WAJIB 3A SEN 09:20-11:00 R: PPG-401
4. Seminar Proposal 2 WAJIB 3C SEN 12:30-14:10 R: PPG-405
5. Analisis Strategi Pembelajaran Tematik Integratif 2 PILIHAN 2A KAM 09:20-11:00 R: PPG-401

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Universitas Sebelas Maret Pendidikan Bahasa Indonesia M.Pd. 2013
2. S2 Universitas Sebelas Maret Pendidikan Bahasa Indonesia M.Pd. 2009
3. S1 Universitas Sebelas Maret Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Dan Daerah S. Pd. 2008

# TAHUN KARYA
Buku Referensi
1 2017 Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif . Diterbitkan oleh Kencana Jakarta.
http://digilib.uin-suka.ac.id/36551
Conference Paper
2 2017 Peran Keluarga dalam Menyukseskan Pendidikan dan Karakter Anak di Era Milenium . Tingkat Nasional. Pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Milenium. Diselenggarakan oleh PGMI Press UIN SUKA Yogyakarta.
3 2016 Character Values Internalization Through Hypnoreading-Based Valuation Instrument on Bahasa Indonesia Learning Material . Tingkat Nasional. Pada Proceding The 3rd Summit Meeting on Education International Seminar “Values-Based Learning for Wonderful Children”. Diselenggarakan oleh Literasi Media Yogyakarta bekerjasama dengan Prodi PGMI Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SUKA Yk.
Jurnal Ilmiah
4 2021 ONLINE LEARNING PATTERNS FOR INDONESIAN LESSONS DURING THE COVID-19 PANDEMIC . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://publikasi.lldikti10.id/index.php/curricula/article/vi...
5 2021 Development of Online SABASIA (Suka Bahasa Indonesia) Teaching Materials for Indonesian Language Learning for International Students as a Pioneer for FIBAA International Accredited Study Programs at State Islamic Universities . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Fakltas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta .
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPI/article/view/440...
6 2021 Optimalisasi Penggunaan Bahasa Isyarat dengan SIBI dan BISINDO pada Mahasiswa Difabel Tunarungu di Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga dalam Optimalisasi Penggunaan Bahasa Isyarat dengan SIBI dan BISINDO pada Mahasiswa Difabel Tunarungu di Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/93...
7 2021 Implementation of Google Classroom and Audiovisual Media Utilization in Sixth Grade Indonesian Language Online Learning dalam Implementation of Google Classroom and Audiovisual Media Utilization in Sixth Grade Indonesian Language Online Learning. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang. Diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang.
https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic/article/view/312...
8 2021 Analisis Semantik pada Bahasa Gaul Anak SD Desa Tegal KRAPYAK DI ERA MILENIAL dalam Analisis Semantik pada Bahasa Gaul Anak SD Desa Tegal KRAPYAK DI ERA MILENIAL. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo.
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/bahtera/article/view/6...
9 2021 Penanaman Konsep Gagasan Pokok dengan Model Snowball Throwing di Kelas IV SDN 10 Kelapa dalam Penanaman Konsep Gagasan Pokok dengan Model Snowball Throwing di Kelas IV SDN 10 Kelapa. Tingkat Nasional. Diselenggarakan oleh Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar . Diterbitkan oleh Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar .
https://ojs.unm.ac.id/Indonesia/article/view/19472/pdf
10 2021 Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tingkat Nasional. Diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Kendari. Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Kendari.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/SKIJIER/article/view...
11 2021 Mengenalkan Huruf Abjad pada Anak Tuna Grahita Ringan dengan Metode Pembelajaran Visuomotor dalam Mengenalkan Huruf Abjad pada Anak Tuna Grahita Ringan dengan Metode Pembelajaran Visuomotor. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Elementary School Teacher and Education, Universitas Nusantara PGRI Kediri (UN PGRI Kediri). Diterbitkan oleh Elementary School Teacher and Education, Universitas Nusantara PGRI Kediri (UN PGRI Kediri).
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1402...
12 2021 Pembelajaran Membaca Teks Drama dengan Menggunakan Metode Quantum di Kelas 5 MIN PIDIE dalam Pembelajaran Membaca Teks Drama dengan Menggunakan Metode Quantum di Kelas 5 MIN PIDIE. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai. Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai.
https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/arti...
13 2021 Manajemen Sekolah Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 . Tingkat Nasional.
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/vie...
14 2020 Pemahaman Fonetik Siswa Sekolah Dasar Terhadap Teknik Membaca Bersuara dalam Pemahaman Fonetik Siswa Sekolah Dasar Terhadap Teknik Membaca Bersuara. Tingkat Nasional. Diselenggarakan oleh Balai Bahasa Sumatera Utara, Indonesia. Diterbitkan oleh Balai Bahasa Sumatera Utara, Indonesia.
https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/med...
15 2020 Evaluasi Hasil Belajar Tematik dalam Pembelajaran Daring di MI Nurullah Kepuh Cirebon dalam Evaluasi Hasil Belajar Tematik dalam Pembelajaran Daring di MI Nurullah Kepuh Cirebon. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia. Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia.
https://drive.google.com/file/d/1Plh1rS5KHCjoAqRSZ-CbalgUJYc...
16 2020 Analisis Tindak Tutur pada Bacaan Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 4 dalam Analisis Tindak Tutur pada Bacaan Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 4. Tingkat Nasional. Diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Kalimantan Timur. Diterbitkan oleh Kantor Bahasa Kalimantan Timur.
https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/loa...
17 2020 Synthactic Study of Verba Phrases in The Novel Princess Sayaka by Salma Izatunnuha dalam Synthactic Study of Verba Phrases in The Novel Princess Sayaka by Salma Izatunnuha. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra dan LPPM Universitas Negeri Jakarta. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra dan LPPM Universitas Negeri Jakarta.
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/aksis/article/view/18...
18 2020 Analisis Teknik Menyimak Puisi melalui Video Animasi pada Siswa Kelas 2 SD Negeri Triharjo dalam Analisis Teknik Menyimak Puisi melalui Video Animasi pada Siswa Kelas 2 SD Negeri Triharjo. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/81...
19 2020 Analisis Penerapan Reduplikasi pada Novel Gia The Diary of a Little Angle Karya Irma Irawati dalam Analisis Penerapan Reduplikasi pada Novel Gia The Diary of a Little Angle Karya Irma Irawati. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Galuh, Ciamis. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Galuh, Ciamis.
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/...
20 2020 Tindak Tutur Siswa dalam Pembelajaran Online Via Whatsapp di Kelas 3 SD Negeri 2 Setrojenar (Studi Deskriptif dilihat dari Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi) dalam Tindak Tutur Siswa dalam Pembelajaran Online Via Whatsapp di Kelas 3 SD Negeri 2 Setrojenar (Studi Deskriptif dilihat dari Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi). Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Kuningan. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Kuningan.
https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON/article/view/2917/...
21 2020 Interferensi Bahasa Jawa Terhadap Bahasa Indonesia dalam Karangan Deskripsi Siswa SD pada Tema Morfologi dalam Interferensi Bahasa Jawa Terhadap Bahasa Indonesia dalam Karangan Deskripsi Siswa SD pada Tema Morfologi. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Galuh, Ciamis. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Galuh, Ciamis.
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/...
22 2020 Analisis Kesesuaian Kosakata Cerita Kelinci dan Kura-kura Menurut Teori Keterbacaan Grafik Fry dalam Analisis Kesesuaian Kosakata Cerita Kelinci dan Kura-kura Menurut Teori Keterbacaan Grafik Fry. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Diterbitkan oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/view...
23 2020 Eskalasi Budaya Menulis Fiksi pada Anak Usia 7-11 Tahun dalam Eskalasi Budaya Menulis Fiksi pada Anak Usia 7-11 Tahun. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus . Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus .
https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/4872/2...
24 2020 Metode VAKT Solusi untuk Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Anak Hiperaktif dalam Metode VAKT Solusi untuk Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Anak Hiperaktif. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin.
https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/arti...
25 2020 Analisis Bacaan Berita Kuldesak Lantaran Jerebu di Majalah Tempo 21-27 September 2015 pada Buku Ajar Tematik Kelas V SD/MI dalam Analisis Bacaan Berita Kuldesak Lantaran Jerebu di Majalah Tempo 21-27 September 2015 pada Buku Ajar Tematik Kelas V SD/MI. Tingkat Nasional. Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wiralodra . Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wiralodra .
https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/vi...
26 2020 Pengembangan Materi Ajar Puisi Menggunakan Media Google Class Room di Tengah Pendemi Covid-19 di Sekolah Dasar dalam Pengembangan Materi Ajar Puisi Menggunakan Media Google Class Room di Tengah Pendemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), STITNU Al Hikmah Mojokerto. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), STITNU Al Hikmah Mojokerto.
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/articl...
27 2020 Desain Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia Berwawasan Kesehatan di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Desain Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia Berwawasan Kesehatan di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau Pekanbaru, Indonesia. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau Pekanbaru, Indonesia.
https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article...
28 2020 Strategi Interactive Digital Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan pada Anak Slow Learner dalam Strategi Interactive Digital Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan pada Anak Slow Learner. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Jurnal Pendidikan Dasar, Kampus UPI di Cibiru. Diterbitkan oleh Jurnal Pendidikan Dasar, Kampus UPI di Cibiru.
https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view...
29 2020 Implementasi Metode Mozaik untuk Mengenalkan Huruf Vocal pada Anak Tunagrahita Ringan dalam Implementasi Metode Mozaik untuk Mengenalkan Huruf Vocal pada Anak Tunagrahita Ringan. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh IKIP PGRI Bojonegoro. Diterbitkan oleh IKIP PGRI Bojonegoro.
https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/artic...
30 2020 Analisis Tindak Tutur dalam Buku Bacaan "Legenda Cerita Rakyat Nusantara" dalam Analisis Tindak Tutur dalam Buku Bacaan "Legenda Cerita Rakyat Nusantara". Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia. Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia.
https://drive.google.com/file/d/1nIj3pODq9KnCHRcX6wwi8mW2VKV...
http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/matapena/article/view/71...
31 2020 Lagu sebagai Media Pembelajaran Fonologi pada Siswa MI Muhammadiyah Trukan dalam Lagu sebagai Media Pembelajaran Fonologi pada Siswa MI Muhammadiyah Trukan. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Padang. Diterbitkan oleh Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Padang.
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ibs/article/view/109015/...
32 2020 Analisis Kekerasan Simbolik dalam Buku Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar dalam Analisis Kekerasan Simbolik dalam Buku Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh LPPM IAIN Kendari. Diterbitkan oleh LPPM IAIN Kendari.
https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-izzah/articl...
33 2020 Analysis of The Popularity of The Use of Standard Indonesian and Slang Language Among Teenagers in Yogyakarta dalam Analysis of The Popularity of The Use of Standard Indonesian and Slang Language Among Teenagers in Yogyakarta. Tingkat Nasional. Diselenggarakan oleh Fakulty of Education and Teaching Science. Diterbitkan oleh Fakulty of Education and Teaching Science.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/SKIJIER/article/view...
34 2020 Sociolek Review On Speech Level Javanese Sundanese Language In Indonesia dalam Sociolek Review On Speech Level Javanese Sundanese Language In Indonesia . Tingkat Internasional Bereputasi. Diselenggarakan oleh International Journal of Scientific and Technology Research. Diterbitkan oleh International Journal of Scientific and Technology Research.
http://www.ijstr.org/final-print/apr2020/Sociolek-Review-On-...
35 2020 Metode Maternal Reflektif (MMR) sebagai Solusi Kesulitan Membaca Anak Tunarungu dalam Metode Maternal Reflektif (MMR) sebagai Solusi Kesulitan Membaca Anak Tunarungu. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STITNU Al Hikmah Mojokerto. Diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STITNU Al Hikmah Mojokerto.
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/articl...
36 2020 Semantic Study In Minangkabau Literature In Indonesia (Pepatah-Petitih) dalam Semantic Study In Minangkabau Literature In Indonesia (Pepatah-Petitih) . Tingkat Internasional Bereputasi. Diselenggarakan oleh International Journal of Scientific and Technology Research. Diterbitkan oleh International Journal of Scientific and Technology Research.
http://www.ijstr.org/final-print/jan2020/Semantic-Study-In-M...
37 2020 Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede dalam Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Pendidikan Guru PAUD - Universitas PGRI Semarang. Diterbitkan oleh Pendidikan Guru PAUD - Universitas PGRI Semarang.
http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/61...
38 2019 Psycholinguistic Study On The Expression Of Joy And Sadness Of Children Aged 6-8 Years dalam Psycholinguistic Study On The Expression Of Joy And Sadness Of Children Aged 6-8 Years . Tingkat Internasional Bereputasi. Diselenggarakan oleh International Journal of Scientific and Technology Research. Diterbitkan oleh International Journal of Scientific and Technology Research.
http://www.ijstr.org/final-print/dec2019/Psycholinguistic-St...
39 2019 Variation Phonology Of Indonesian Language In Minangkabau Speakers dalam Variation Phonology Of Indonesian Language In Minangkabau Speakers . Tingkat Internasional Bereputasi. Diselenggarakan oleh International Journal of Scientific and Technology Research. Diterbitkan oleh International Journal of Scientific and Technology Research.
http://www.ijstr.org/final-print/dec2019/Variation-Phonology...
40 2019 Morphological Material Analysis Of Affixation In 2013 Curriculum Thematic Teaching Books In Indonesia dalam Morphological Material Analysis Of Affixation In 2013 Curriculum Thematic Teaching Books In Indonesia . Tingkat Internasional Bereputasi. Diselenggarakan oleh International Journal of Scientific and Technology Research. Diterbitkan oleh International Journal of Scientific and Technology Research.
https://www.scimagojr.com/journalsearch.php?q=21100894501&ti...
41 2017 Illiteracy Eradication on Street Children by Andoid-Based Gradual Functional Literacy Program in Semanggi Area, Surakarta City dalam International Journal of Current Research. Tingkat Internasional. Diterbitkan oleh SJIF Scientific Journal Impact Factor 2016:7.084.
http://www.journalcra.com/sites/default/files/21491.pdf
http://www.journalcra.com/archive/201704
42 2016 Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di MI Al Islam Tempel dan MI Al Ihsan Medari dalam Pendidikan Madrasah. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Madrasah (PPM) Kementerian Agama DIY dan Fak. IlmuTarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/articl...
43 2016 Korelasi Antara Minat Baca dengan Prestasi Belajar Kelas V MIN Wonosari Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam Al-Bidayah. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Prodi PGMI Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yk.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/albidayah/...
44 2016 Pengembangan Buku Pedoman Manajemen Mutu Pengelolaan Pendidikan Islam Inklusi di Madrasah se-DIY dalam Al-Athfal. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Prodi PGRA Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerjasama dengan Asosiasi Prodi PGRA.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/a...
45 2016 Peningkatan Daya Imajinasi Melalui Menulis Kreatif Pantun pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kebondalem Kidul I Klaten dalam Golden Age. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Prodi PGRA Fak. IlmuTarbiyah dan Keguruan UIN SUKA Yk bekerjasama dengan Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Provinsi DIY.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/...
46 2015 Pengembangan Program Profesionalisme Dosen Pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di ASEAN dalam Al-Bidayah. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Prodi PGMI Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yk.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/albidayah/...
Prosiding
47 2020 Indonesian As Foreign Language Education Management di Universities . Tingkat Nasional.
https://drive.google.com/file/d/179SsWJxkAHFwhwTrBLsKk1HI3Cb...
48 2020 Kebijakan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia sebagai Mata Pelajaran Wajib dan Pilihan dalam Kurikulum Sekolah Tinggi di New South Wales . Tingkat Nasional.
https://unhamzah.ac.id/prosiding-unhamzah-2020/

# TAHUN KARYA
Melakukan penelitian
1 IMPLEMENTASI GESTALT BERBASIS ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM ANAK USIA MI/SD.
2 Penanggung Jawab Ruang pada Ujian Tulis UM-PTKIN Tahun 2015.
3 2017 PENELITIAN UNGGULAN NASIONAL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) BERBASIS FUN SELF LEARNING (FSL) UNTUK REFUGEE DI RUMAH DETENSI IMIGRASI KOTA SEMARANG.
4 2016 Pengembangan Buku Pedoman Manajemen Mutu Pengelolaan Pendidikan Islam Inklusi di Madrasah se-DIY.
5 2016 Korelasi Antara Minat Baca dengan Prestasi Belajar Kelas V MIN Wonosari Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
6 2016 Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di MI Al Islam Tempel dan MI Al Ihsan Medari.
7 2016 STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA BERKESULITAN MENULIS (DYSGRAPHIA) DI SD INTIS.
8 2016 Optimalisasi Keterampilan Berbahasa Terpadu sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta.
9 2016 PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU.
10 2016 Character Values Internalization Through Hypnoreading-Based Valuation Instrument on Bahasa Indonesia Learning Material.
11 2016 Peningkatan Daya Imajinasi Melalui Menulis Kreatif Pantun Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kebondalem Kidul I Klaten.
12 2016 Pengembangan Program Profesionalisme Dosen Pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di ASEAN.

# TAHUN KARYA
Memberi pelayanan kepada masyarakat
1 2017 Uji Publik Panduan Magang II Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga .
2 2017 Workshop Pengembangan Lembaga pada Pertemuan Asosiasi Dosen PGMI .
3 2017 Gebyar Seni dan Talkshow dengan tema Penanaman Karakter melalui Budaya yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga .
4 2016 Menjadi Pembimbing pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sahabat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat pada semester II Tahun Akademik 2015/2015 .
5 2016 Workshop Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) pada Pertemuan Asosiasi Dosen PGMI .
6 2016 Pengembangan Materi Ajar oleh Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta pada tanggal 09 Agustus 2016 .
7 2016 Penanggung Jawab Ruang pada Ujian Tulis SBMPTN Tahun 2016 .
8 2016 Penanggung Jawab Ruang pada Ujian Tulis UM-PTKIN Tahun 2016 .
9 2016 Workshop RPS dan RPM pada Pertemuan Asosiasi Dosen PGMI .
10 2016 Pelatihan Intensif Menulis Karya Ilmiah Terpublikasi yang dilaksanakan oleh: Pusat Pengembangan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Divisi Penelitian dan Publikasi Ilmiah pada tanggal 15 Juni 2016 .
11 2016 Workshop Rencana Pembelajaran Semester dan Rencana Pembelajaran Mingguan Mengacu KKNI yang diselenggarakan oleh Prodi PGMI, FITK, UIN Sunan Kalijaga pada tanggal 15 Agustus 2016 .
12 2016 Studi Banding IAIN Syekh Nur Jati Cirebon dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta .
13 2016 Workshop Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) pada Pertemuan Asosiasi Dosen PGMI .
14 2016 Workshop RPS dan RPM pada Pertemuan Asosiasi Dosen PGMI .
15 2016 Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Kamus yang Diselenggarakan oleh Tim Penelitian DIKTIS Kementerian Agama RI .
16 2016 Menjadi narasumber dalam Rapat Program Kerja Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 22-23 Des 2016 selama 16 jam di LPP Convention Hotel .
17 2016 Workshop Metodologi Penelitian Pendidikan Fokus Penelitian Research and Development yang diselenggarakan oleh Prodi PGMI, FITK, UIN Sunan Kalijaga pada tanggal 11 Agustus 2016 .
18 2016 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA untuk MI/SD Kelas VI Semester II dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains .
19 2016 Kuliah Umum Semester Gasal TA 2016/2017 di Prodi PGMI, FITK, UIN Sunan Kalijaga .
20 2016 Praktik Pelatihan Cipta Tari Kreasi di Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), UIN Maulana Malik Ibrahim Malang .
21 2016 Public Lecture The Role of Educational Leadhership in ASEAN Economic Community (AEC) Held by the Departement of Management of Islamic Education, Faculty of Tarbiyah and Education Sciences UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta .
22 2016 Seminar Internasional dengan tema Value-Based Learning for Wonderful Children yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta .
23 2016 Praktik Pelatihan Pembelajaran Keanekaragaman Budaya Nasional Indonesia di Jawa Timur Park 1 Taman Belajar dan Rekreasi .
24 2016 Workshop Pengembangan Lembaga pada Pertemuan Asosiasi Dosen PGMI .
25 2016 Pengawas pada Ujian Tulis Mandiri PBT Tahun 2016 .
26 2016 Penanggung Jawab Ruang pada Ujian Tulis SBMPTN Tahun 2016 .
27 2016 Temu Wali Mahasiswa PGMI 2016/2017 yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta pada tanggal 05 September 2016 .
28 2016 Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Variasi Bahasa Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) yang Diselenggarakan oleh Tim Penelitian DIKTIS Kementerian Agama RI .
29 2016 Praktik Pelatihan Managerial (PPM) di Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang .
30 2016 Penilaian Produk Media Pembelajaran Komik IPA .
31 2016 Praktik Pelatihan Managerial (PPM) di Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang .
32 2016 Menjadi narasumber pada kegiatan KKG Gajah Mada dengan materi “Bedah SKL Bahasa Indonesia Ujian Madrasah Tahun 2015/2016” yang diselenggarakan di MI Negeri Tirto, Salam, Kabupaten Magelang pada tanggal 9 Februari 2016 .
33 2016 Penyusunan Rencana Strategik Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta .
34 2016 Public Relation Peningkatan Kemampuan Sosial Guru Melalui Gaya Komunikasi yang Baik .
35 2016 Kuliah Umum Semester Genap TA 2016/2017 di Prodi PGMI, FITK, UIN Sunan Kalijaga .
36 2016 Menjadi Narasumber pada acara Studi Banding UIN Raden Fatah Palembang .
37 2016 Menjadi Narasumber dalam Workshop Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa pada Kamis, 12 Januari 2017 di Ruang Pertemuan Lantai 1, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta .
38 2016 Menjadi Narasumber dengan Materi Bedah SKL Bahasa Indonesia Ujian Madrasah Tahun 2015/2016 pada Kegiatan KKG Gajah Mada yang diselenggarakan di MI Negeri Tirto, Salam, Kabupaten Magelang .
39 2016 Seminar Perfeksionisme dan Faalangst (Fear dan Failure) pada Anak Gifted yang diselenggarakan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 19 Oktober 2016 .
40 2016 Kegiatan Workshop Persiapan ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) pada 26-28 Des 2016 selama 24 jam di LPP Convention Hotel .
41 2016 Sekretaris Program Studi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga .
42 2016 Kuliah Umum “Educational Leadership in MEA Era†.
43 2016 Berpikir Efektif: Pemecahan Masalah & Pengambilan Keputusan, Diskusi & Memberi Feedback, Keterampilan Intrapersonal: Kesadaran Diri & Membangun Motivasi, Penyikapan Diri & Pengaturan Diri, Kecerdasan Spiritual & Keterampilan Interpersonal: Asertivitas .
44 2016 Berpikir Efektif: Pemecahan Masalah & Pengambilan Keputusan, Diskusi & Memberi Feedback, Keterampilan Intrapersonal: Kesadaran Diri & Membangun Motivasi, Penyikapan Diri & Pengaturan Diri, Kecerdasan Spiritual .
45 2016 Personal Introduction, Outline dan Kontrak, Arti Penting Kurikulum, Karakteristik Pembelajaran Orang Dewasa, Belajar Efektif: Teknik Membaca, Etika Penulisan Karya Ilmiah dan Pengenalan E-Learning .
46 2016 Pemilihan Calon Wakil Dekan, FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Periode 2016-2020 .
47 2016 Keterampilan Interpersonal: Memahami Orang Lain dan Empati, Sejarah UIN Sunan Kalijaga, Konsep Integrasi-Interkoneksi Keilmuan UIN Sunan Kalijaga, Mahasiswa dan Lingkungan Kampus, Multikulturalisme di Lingkungan Kampus .
48 2016 Living Values Education (LVE) Approach .
49 2016 “Focused Group Discussion (FGD) Telaah Butir Soal (Eksternal) UM-PTKIN Tahun 2016 .
50 2016 Living Values Education The Asian Fondation Direction of Islamic Education Faculty of Tarbiya and Teaching State Islamic University Sunan Kalijaga Yogyakarta .
51 2016 Seminar Pendidikan Menghasilkan Lulusan PGMI yang siap berkarya dan bekerja nyata dalam menghadapi tantangan global .
52 2016 Workshop Penyusunan Deskripsi Mata Kuliah pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, tanggal 28 September s.d. 5 Oktober 2016 .
53 2016 Seminar Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan tema Mempersiapkan Generasi Prestatif melalui Budaya Literasi bertempat di Convention Hall Lt. 2 UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta .
54 2016 Workshop Submit Artikel Jurnal Internasional yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta pada tanggal 21 September 2016 .
55 2016 Tantangan dan Tanggung Jawab Mahasiswa dalam Upaya Mewujudkan Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia yang Unggul di Program Pascasarjana UNS .
56 2016 Menjadi Pemakalah pada Kegiatan Seminar Proposal Bantuan Penelitian yang diselenggarakan pada tanggal 08-10 Juni 2016 bertempat di Hotel Grand Tjokro Style, Yogyakarta .
57 2016 Innovative Practices in Teaching and Learning, Instructional Technology in Islamic Education, Full Day School in Islamic Education, Islamic Early Childhood Education, Home Schooling in Moeslem Society .
58 2016 Menjadi Narasumber dengan Materi Pengembangan Bahan Ajar pada Kegiatan KKG Gajah Mada yang diselenggarakan di MI Negeri Tirto, Salam, Kabupaten Magelang tanggal 19 September 2015 .
59 2016 Evaluasi Pelaksanaan Team Teaching yang diselenggarakan oleh Prodi PGMI, FITK, UIN Sunan Kalijaga pada tanggal 25 Agustus 2016 .
60 2015 Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Lectora Inspire untuk Kelas V Semester II SD/MI .
61 2015 Workshop Metode Penelitian yang diselenggarakan oleh Prodi PGMI, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga pada hari Selasa 08 September 2015 .
62 2015 Kegiatan Focused Group Discussion (FGD) Telaah Butir Soal (Eksternal) UM-PTKIN Tahun 2016 .
63 2015 Menjadi ahli bahasa pada penelitian Reseach and Development (R dan D) pada Produk dari Skripsi mahasiswa atas nama Arif Yuswanto yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Lectora Inspire untuk Kelas V Semester II SD/MI†.
64 2015 Focus Group Discussion (FGD) Metodologi dan Sistem Pembelajaran Bahasa Inggris, Arab, dan Indonesia yang diselenggarakan pada hari Sabtu s.d. Senin, tanggal 14 s.d. 16 November 2015 di Hotel Grand Bintang, Tawangmangu, selama 24 JPL .
65 2015 Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Berbasis Pendekatan Scientific untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa SD/MI Kelas IV .
66 2015 Pengawas Placement Tes Bahasa Arab atau Bahasa Inggris Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2015/2016 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta .
67 2015 Seminar Proposal Bantuan Penelitian yang Diselenggarakan pada tanggal 8-10 Juni 2016 bertempat du Hotel Tjokro Style, Yogyakarta .
68 2015 Pengawas pada Ujian Program Magister (S2) Gelombang II Tahun 2015 .
69 2015 Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat kepada lembaga pendidikan di SD Muhammadiyah Kleco bersamaan dengan program PPL-KKN Integratif Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan pada tanggal 15 Juni sampai dengan 5 September 2015 .
70 2015 Seminar Nasional dan Rapat Kerja Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (AD-PGMI) Se-Indonesia, yang dilaksanakan pada hari Jumat-Minggu, 27-29 November 2015 bertempat di Hotel Puri Khatulistiwa Jalan Jatinangor Km. 20 Bandung .
71 2015 Simposium Nasional dengan tema Strategi Pendidikan Madrasah dalam Menghadapi MEA 2015 .
72 2015 International Seminar Character Education Based on Living Values Education (LVE) Approach Creating Professional Educators Through the Teacher Education Institution (LPPG) toward the ASEAN Economic Community .
73 2015 Program Sertifikat Guru BIPA Level 1: Metodologi Pengajaran BIPA Teaching Indonesian as a Foreign Language (TIFL) Training Program Level 1: IFL Teaching Methodology .
74 2015 Menjadi Pemakalah pada Seminar Internasional dengan tema Value-Based Learning for Wonderful Children yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta .
75 2015 Educational Leadership in MEA Era yang diselenggarakan oleh Program Magister (S-2) FITK, UIN Sunan Kalijaga .
76 2015 Workshop Academic Writing Berbasis Research yang diselenggarakan oleh Prodi PGMI, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada hari Selasa, 08 September 2015 .
77 2015 Pelatihan ICT bagi Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Tahun 2015 .
78 2015 Visitasi Akreditasi Program Studi PGMI, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga .
79 2015 Penanggung Jawab Ruang pada Ujian Jalur Reguler Tahun 2015 .
80 2015 Pelatihan E-Learning dan Optimalisasi SIA yang diselenggarakan oleh Prodi PGMI, FITK, UIN Sunan Kalijaga, pada tanggal 6 Agustus 2015 .
81 2015 Training for Amazing Trainer pada tanggal 1 Maret 2015 .
82 2015 Living Values Education di FITK, pada tanggal 13-15 Juli 2015 .
83 2015 Seminar Internasional Elementary School .
84 2015 Penanggung Jawab Ruang pada Ujian Jalur Reguler Tahun 2015 .
85 2015 Lokakarya Prodi Manajemen Pendidikan Islam yang diselenggarakan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 6 Agustus 2015 .
86 2015 Diskusi Ilmiah Akbar: Mewujudkan Guru yang Kreatif, Inovatif, dan Bertaqwa .
87 2015 International Seminar Improving the Culture of Productive Writing Based on Character Education .
88 2015 Menjadi narasumber dalam acara Seminar Pendidikan dengan tema Isu atau Fakta Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Nasional yang diselenggarakan oleh mahasiswa Prodi PGMI dalam rangka Bakti Sosial di Desa Ngeposari, Gunung Kidul, Yogyakarta .
89 2015 Menjadi Pembicara dalam Seminar Pendidikan Kurikulum 2013, Siapa Takut? diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Alma Ata Yogyakarta pada tanggal 04 Agustus 2016 .
90 2015 Pengembangan Panduan Eksperimen Sains dengan Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik MI/SD Kelas IV Semester I .
91 2015 Finalisasi Pengisian Borang Akreditasi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), FITK, UIN Sunan Kalijaga .
92 2015 Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada lembaga pendidikan di MIN Yogyakarta 1 bersamaan dengan program Magang III Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 20 Juni s.d. 8 Agustus 2016 .