Workshop Inovasi Pembelajaran Matematika 2018

Jumat, 20 Juli 2018, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga mengadakan Workshop Inovasi Pembelajaran Matematika. Peserta dari workshop inovasi pembelajaran matematika adalah dosen Program Studi Pendidikan Matematika dan Matematika, serta dosen dari universitas lain dan guru sebanyak 19 orang. Maksud dan tujuan diadakannya Workshop Inovasi Pembelajaran Matematika ini adalah untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada dosen Pendidikan Matematika tentang inovasi terbaru dalam pembelajaran matematika di perguruan tinggi dan Inovasi pembelajaran matematika di Sekolah.

Acara ini diketua oleh kaprodi Pendidikan Matematika yaitu bapak Mulin Nu’man, S.P.d, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengemukakan bahwa perlunya inovasi dalam pembelajaran matematika seiring dengan tuntutan jaman dan perkembangan peserta didik. Inovasi harus terus dilakukan seiring perkembangan jaman. Tanpa inovasi maka pembelajaran matematika tidak akan maju.

Workshop Inovasi Pembelajaran Matematika ini diisi oleh dua narasumber yaitu bapak Prof. Dr. Hendra Gunawan dari Institut Teknologi Bandung dan bapak Prof. Dr. H. Didi Suryadi, M.Ed. dari Universitas Pendidikan Indonesia serta di moderator oleh bapak Dr. Ibrahim, M.Pd dan bapak Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I, M.Sc.

Pada sesi pertama bapak Prof. Dr. Hendra Gunawan yang dimoderatori oleh bapak Dr. Ibrahim, M.Pd menyampaikan tema tentang “Inovasi dalam Mengembangkan Higher Order Thinking Skill Mahasiswa Pendidikan Matematika”yaitu tentang soal-soal yang higher level atau HOTS ( Higher Order Thinking Skill ). Dalam pembelajaran matematika soal-soal HOTS akan memacu peserta didik untuk lebih memahami materi secara mendalam dan detail serta soal-soal bentuk HOTS mampu memacu kemampuan berpikir kritis dan inovatif. Peserta Workshop juga diajak untuk menentukan kriteria suatu soal apakah Low level atau high level. Selain itu peserta diminta untuk berlatih membuat soal berkategori HOTS.

Pada sesi kedua bapak Prof. Dr. H. Didi Suryadi, M.Ed. yang dimoderatori oleh bapak Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I, M.Sc. menyampaikan tema tentang “Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika” inovasi dalam penelitian pembelajaran matematika. Paradigma penelitian dikelas secara kualitatif cenderung condong kea rah PTK ( penelitian tindakan kelas ). Padahal ada teknik penelitian kualitatif yang lain yang lebih mampu menjawab permasalahan yang ada dalam pembelajaran matematika.

Acara workshop berakhir dengan selesainya sesi kedua. Setelah selesai peserta berfoto bersama dengan para narasumber. ( Red. R.A).

Jayalah Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga.

Berita Terpopuler